Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ
"Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga".(HR. Muslim/2699)

Provinsi Aceh Masuk Lima Besar Kelulusan SNMPTN di Indonesia

Selaku putra asal Provins Aceh, saya merasa "Bangga…!" Mungkin kata ini pantas untuk Provinsi Aceh. SKPA yang membidangi pendidikan di bawah nahkoda Drs. H. Rachmat Fitri HD, MPA atau akrab disapa Haji Nanda, berhasil masuk lima besar kelulusan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2020 di kancah Nasional.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Rabu 8 April 2020 merilis adanya 5.132 siswa yang berhasil lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2020 dari 12.359 siswa lulusan SMA/SMK/MA yang mendaftar atau setara dengan 42%. Jumlah tersebut meningkat dari tahun 2019.

Lima provinsi yang masuk dalam lima besar secara berturut-turut adalah Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatra Utara, Jawa Tengah dan Aceh.

“Pendidikan tidak boleh berhenti meskipun sedang dilanda bencana, seperti Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Namun, anak didik kita bisa tetap fokus dan pada akhirnya berhasil lulus SNMPTN serta menempatkan Provinsi Aceh di urutan ke lima, ini sebuah kebanggaan bagi kita semua,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. H. Rachmat Fitri HD, MPA, Senin (13/04/2020), di Banda Aceh.

Prestasi ini sekaligus keberhasilan bagi Haji Nanda, sapaan akrab Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. H. Rachmat Fitri HD, MPA, menakhodai Dinas Pendidikan Aceh.

Namun, Rachmat Fitri menilai keberhasilan tersebut merupakan atas arahan maupun bimbingan Pelaksana Tugas Gubernur, Ir.Nova Iriansyah,MT dan Sekda Aceh dr.Taqwallah,M.Kes, dalam mewujudkan cita-cita menjadi Aceh Carong.

“Tentunya tidak terlepas dari peran dan dukungan semua pihak, terutama Kepala sekolah, guru, siswa, orang tua/wali dan pengawas sekolah serta jajaran Dinas Pendidikan Aceh yang telah berikhtiar dengan penuh keikhlasan dalam mengantarkan siswa hingga lulus pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit,” katanya.

Ia mengatakan, semua pihak pasti merasa sedih melihat kondisi saat ini. Tetapi pendidikan anak-anak tidak boleh berhenti dan harus terus berjalan demi meraih masa depan yang lebih cerah lagi.

“Ditengah musibah (COVID-19) ini, mari kita bersama-sama memberikaz motivasi dan bimbingan kepada generasi didik di rumah secara maksimal, demi masa depan yang semakin cerah di hari esok,” katanya lagi.

Ia juga menyampaikan bahwa, melalui jalur SNMPTN tahun 2020, Provinsi Aceh memastikan sebanyak 5.135 siswa SMA/SMK/MA telah mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sesuai dengan harapan.

Sumber: 
https://disdik.acehprov.go.id/

Posting Komentar untuk "Provinsi Aceh Masuk Lima Besar Kelulusan SNMPTN di Indonesia"